TREND MOTOR DAN MODIFIKASI TAHUN 2021

Posted on 6 January 2021
by Sekepal Aspal

Gak kerasa tahun 2020 udah selesai. Tahun 2020 emang spesial banget sih. Kita dipaksa untuk duduk diam dirumah dan menghentikan kegiatan diluar rumah kita oleh sesuatu yang gak kasat mata. Bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia yang merupakan sebuah kebutuhan dasar setiap manusia harus dihindari guna menahan penyebaran virus brengsek Covid19.
Kerja dirumah, sekolah dirumah, segala sesuatu sebisa mungkin dikerjakan dirumah. Dampaknya pun terasa sampai di dunia hobby, larangan berkumpul dan berkerumun, acara-acara yang harus ditunda. Tetapi untungnya, hobby motor adalah salah satu hobby yang tetap bisa dilakukan tanpa harus berkumpul rame-rame dan tetap menjalankan protap kesehatan, seperti social distancing, cuci tangan dan wajib memakai masker.
Terlepas dari pandemi yang masih gak jelas kapan beresnya ini. Industri otomotif in general masih tetap jalan, begitu pula industri kastem. Berkaca dari trend kastem yang rame di tahun ini, sepertinya seru juga kalo kita coba menilik sedikit tentang trend motor kastem di tahun 2021 di Indonesia.


Bye 2020
Di tahun 2020, trend motor kastem masih berkutat dan merunut pada genre yang sudah ada. Chopper, bobber, scrambler/tracker dengan segala turunannya ramai kita lihat di jalanan. long fork choppers, 60s-70s chop and bob, intinya sih rata-rata masih terinspirasi dari gaya modifikasi masa lalu. Di taun 2020 sendiri, beberapa gaya modifikasi kayaknya sudah mulai mendekati titik jenuh. Dalam artian, stylingnya tidak ada perkembangan baru yang signifikan, walaupun tetap ada peminatnya. Salah satunya gaya Club Style, kombo riser tinggi, low rise bar, fairings, dyna atau FXR, metalflake paintjob, menjadi formula standard yang banyak diaplikasikan di gaya ini.

Berbeda dengan gaya seperti scrambler, chopper atau bobber dimana masih diberikan ruang untuk ngulik dan mengembangkan yang sudah ada. Kalo Club Style ya udah mentok aja gitu, mirip-mirip kayak Chicano Style yang sangat spesifik di look dan kombo aksesoris yang digunakan. 2020 juga menandakan kembali naiknya popularitas Vespa. Walaupun selama ini Vespa sudah memiliki penikmat yang loyal sejak dulu. Bisa dibilang komunitas penggemar Vespa adalah salah satu komunitas yang terbesar dan beragam orangnya. Tapi di tahun ini Vespa naik pamornya dan menjadi barang collectible yang banyak digilai. Bukannya Vespa tidak termasuk motor yang collectible, tetapi harganya melonjak naik seiring naiknya popularitas Vespa saat ini.



Hello 2021
Ga jauh beda dari taun 2020, kayaknya di taun 2021 gaya motor kastem yang rame masih kelanjutan dari yang lagi rame sekarang. Small engine terror, long fork chopper, gaya 60s-70s show bike masih akan ramai, pengaruh gaya retro sport bike taun 80-90an juga akan rame. Untuk paint job dan grafis pada motor mungkin mulai bergeser sedikit jadi lebih kalem. Crazy flake out and psychedelic graphic style yang penuh detail masih akan diminati. Tapi sedikit mulai bergeser ke stock bike inspired graphics. Grafis yang terinspirasi dari decal/emblem stock bike era taun 40 sampe 70an akan semakin diminati. Vintage decals/grafis era Harley AMF masih akan ramai. Motif paint scheme simple yang terinspirasi dari motor klasik semakin banyak dilirik.

Yang menarik dan menjadi angin segar di tahun ini, dan sepertinya masih akan berkembang di taun 2021 adalah semakin diminatinya dirt race. Selain tampilan stripped down bobber ala vintage racer eperti motor-motor yang turun balap di gelaran The Race of The Gentleman, tentu saja ini pun akan meramaikan gaya modifikasi motor-motor yang dipakai turun balap yang terinspirasi dari era yang lebih modern. Menjadi angin segar karena bisa dibilang dunia motorsport yang sebelumnya agak sepi di Indonesia dan hanya rame di beberapa cabang seperti road race dan adventure off road, saat ini menjadi bertambah ramai dan beragam dengan hadirnya balap dirt track ini. Kegiatan ini bisa dibilang dirintis oleh beberapa kolektif seperti Tea N Toast Cup, Slide on Sunday dan beberapa kelompok kecil lain yang mencari alternatif keriaan berbeda dari sekedar city Ride atau touring AKAP. Kegiatan yang awalnya rame di kalangan sendiri ini, akhirnya semakin rame diminati dengan mulai seringnya diadakan kegiatan balap baik secara independent ataupun di acara-acara motor beberapa tahun belakangan ini.

Yang menarik adalah bahwa balapan ini dibuat sedemikian rupa untuk menjadi lebih santai dan fun walaupun tetap menerapkan guideline regulasi balap yang berlaku. Kelas-kelas seperti motor kecil (Honda Monkey dll) atau chopper menjadikan balapan dirt track saat ini sedikit berbeda. Apalagi untuk di area Jakarta sekarang sudah ada arena balap dirt track baru yang proper di Baja Otomotif Superblok yang memiliki fasilitas sirkuit dirt track Hidden Valley. Hal ini tentu saja membuat semakin ramai pula orang yang memodifikasi motornya untuk persiapan turun balap. Dari yang serius dan “tega” turun dengan motor-motor seperti Harley dan Inggrisan klasik sampai motor-motor kebanyakan seperti CB, Tiger dll. Gaya tracker pun menjadi semakin rame diminati dengan ramuan profil ban kasar, ground clearance tinggi dan tracker handlebar tidak lagi sekedar mengejar tampilan tetapi juga performa di lintasan balap. Selain itu, masih berlanjut dari taun sebelumnya, di taun ini popularitas motor 2 tak pun rame diminati. Tentu saja ini tidak lepas dari pamor sang legenda Yamaha RX King sebagai motor rampok dan jagoan sirkuit. Motor-motor seperti Kawasaki Ninja RR dan RX King dan parts performance 2 tak menjadi incaran bagi mereka yang menyukai nostalgia balap liar.

Dengan beragamnya gaya modifikasi yang rame diminati di taun 2020 dan masih akan terus berkembang di taun 2021, rasanya pandemi Covid19 ini tidak terlalu buruk untuk para penikmat dan pelaku roda dua di Indonesia. Para pelakunya masih bisa berkarya (walaupun mungkin tidak semulus biasanya), penikmatnya pun masih bisa ngulik banyak hal untuk mengatasi kebosanan. Paling ya dananya aja yang lebih seret hahaha. Tetapi itu pun sebenernya masih bisa diatasi, tinggal pinter-pinter kita aja memilih gaya modifikasi dan jenis motornya. Dan jangan lupa, yang terpenting adalah tetap bersenang-senang, karena penelitian menyatakan bahwa perasaan bahagia/senang terbukti menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. So, stay safe, stay healthy, happy new year and have a throttle twisting year ahead!!!

Oleh Wra Bakti.

Sekepalaspal.com. 2016. All rights are reserved.

PILIH JAM PEMUTARAN

Kamu hanya bisa memilih satu dari enam kali pemutaran yang tersedia.

 

 

DAPATKAN TIKETNYA DENGAN MENGISI FORM DI ATAS

Kami mempunyai 60 tiket nonton film gratis yang bisa kamu menangkan. Kami alokasikan tiket-tiket tersebut sebanyak 10 tiket di tiap jam pemutaran. Kapasitas mini theater kami adalah sebanyak 78 kursi per pemutaran. Silakan daftar di bawah ini, dan pilih jam pemutaran film yang kamu inginkan. Para pemenang akan diacak dan hanya para pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan email konfirmasi dari kami. Untuk yang belum beruntung, kamu bisa membeli tiket di outlet penjualan tiket seharga Rp 25.000.

OUTLET :

Lawless Jakarta, Jl. Kemang Selatan 8 No.67K

 

7 AGUSTUS 2016 - JOGLO
JERUK PURUT COMPOUND

Sebuah film semi dokumenter tentang budaya custom roda dua dan perjalanan yang tak terlupakan. 1000 Kilometer mengisahkan tentang 3 teman baik yang terinspirasi oleh Sekepal Aspal photography book dan memutuskan untuk melibas jalanan Jawa sampai Bali untuk menemui secara langsung beberapa tokoh yang terdapat di dalam buku itu. Film ini menggabungkan komprehensi sejarah budaya custom roda dua lokal dan modernisasinya, dengan keseruan petualangan khas Indonesia dan latar alamnya yang indah.

Dibintangi oleh: Syafwin Ramadhan Bajumi, Yusuf Abdul Jamil, Raihan Ahmad Ramdhani
Sutradara: Ilham Nuriadi
Penulis: Sammy Bramantyo
Produser: Adita K Bramantyo
Eksekutif Produser: Roni Pramaditia, Rizky Rosianto, Rahmat Wirabakti, Sammy Bramantyo
Produksi: Sekepal Aspal

Alamat Kantor

SEKEPAL ASPAL
JL. KEMANG SELATAN 8 NO.63 B3
JAKARTA SELATAN 12730

 

Business Hour
Mon - Fri : 09.00AM - 17.00
Sat - Sun : 09.00 - 15.00

 

Media

Kirim Pesan