THE VARIAL BY LEMBINC

Posted on 28 May 2018
by Sekepal Aspal

Rizqi Pratama atau yang lebih akrab disapa Rizqi Lembinc dikenal sebagai seorang designer, artist dan builder rumahan. Kesemua hal itu ia lakukan dalam kesehariannya yang tidak berbeda dengan kita semua, hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Belum lagi dengan kewajibannya sebagai seorang suami dan ayah yang menuntut dia juga untuk meluangkan waktu untuk keluarga kecilnya. Hanya satu hal yang dapat memicu sesorang untuk bisa “ngotot” membagi waktu untuk kesemua hal tersebut tanpa perduli apakah itu akan mengkonsumsi 24 jam miliknya, yaitu passion!! Apabila segala hal dilakukan dengan passion yang tulus, maka niscaya segalanya akan berujung kepada hal-hal yang positif, dimana setiap hal tersebut akan saling terhubung dan saling support secara organik tanpa harus dipaksakan. Rizqi hanya salah satu contoh dari sekian banyak teman-teman lain diluar sana yang melakukan hal-hal yang mereka cintai dengan passion dan setia sehingga akhirnya mampu memberikan kepuasan, kebanggaan yang merupakan hasil dari kerja keras mereka untuk tetap selalu belajar, tetap low profile dan setia berkarya.

Berikut adalah sedikit obrolan kami dengan Lembinc tentang karya terbarunya, sebuah motor custom berbasis Royal Enfield yang ia namakan The Varial.

1. Bisa cerita dikit gimana bisa terlibat di project customizing RE ini?

Dikit aja yahhh… Di bulan September 2017 lalu, PT. Distributor Motor Indonesia (Royal Enfield Indonesia) ngadain sayembara “RE-BUILD OFF The Classic Challange”. Sayembara ini dibuka untuk umum (tapi harus punya bengkel/workshop/garage), dan setiap participantnya diwajibin bikin satu ato lebih konsep desain modifikasi dengan basic motor dari Royal Enfield yang ada di Indonesia dengan nggalupa juga nyantumin portfolio bengkel dan proposal dana. Setelah semua konsep terkumpul, disaringlah participant2 tersebut dari se Indonesia jadi cuma 10 finalist. Dan 10 finalist ini diwajibkan hadir di acara Kustomfest 2017 untuk ngepresentasiin langsung konsep/designnya di hadapan juri dan pengunjung Kustomfest. Dan di akhir acara Kustomfest, disebutin deh 4 pemenang dari event “RE-BUILD OFF” ini, salahsatunya ogut..hihi

  1. Apa yg jadi inspirasi lu waktu ngedesign konsep buat motor ini? Apa aja yang biasanya lu anggap penting dan influence apa aja yg lu pake dalam proses ngedesign sebuah motor?

Gw pribadi sangat suka sama motor tua, apalagi motor tua yang dipake balap dijamannya..nah, itu deh yang jadi inspirasi gw, “vintage motorcycle+speed”. Dari 2 keywords tadi, gw coba breakdown lagi buat ngerucutin ide yang kira2 pas buat RE. Nah, yang paling penting menurut gw dalam ngemodif adalah seberapa paham kita soal literaturnya, entah itu sejarahnya, bentuk motornya, jenis motornya, konfigurasinya dll. Karena semakin kita paham, semakin kebentuk pula konsep dasarnya. Tapi ati ati juga yah..semakin kita paham, semakin susah pula kita kita ngehasilin sesuatu yang “out off the box”. Kalo gw sih biasanya selalu sketching dulu sebelom masuk ke soal parts dll. Gw nentuin dulu bentuk yang enak digambar dan enak diliat, baru deh abis itu mikirin dari sisi teknisnya.

  1. Modifikasi apa aja yg dilakukan dalam penggarapan motor ini? Bisa tolong di ceritain dikit proses pengerjaannya? Apa yg paling berkesan/menarik/menantang dari project ini?

            Yang paling berkesan/menarik/menantang dari project ini adalah WAKTUUUUU.. Well, gw ini sehari harinya cuma karyawan agency yang pulang kerjanya sangat “teratur”, teratur oleh ada ato ngganya revisi dari klien..weeeksss.. Bayangin aja, ngerjain ni motor dikasih waktu 3 bulan, tapi gw ngerjainnya malem sepulangnya gawe dan weekend (itupun kalo istri ama anak ngga ngajak jalan..haha). Keterbatasan waktu bukan jadi halangan gw, karna menurut gw ngebuild satu motor itu ngga harus sendirian, dan akhirnya gw dateng ke bengkel temen2 gw buat minta bantuan. Beberapa part RE yg gw garap akhirnya gw spread ke mereka yang ahli dibidangnya., tapiiii, bukan berarti gw lepas tangan begitu aja nyerahin ke temen2 gw. Semuanya under concern gw. Sebelum semuanya dieksekusi, gw pasti bikin softmodel dan sketchnya dulu, dan ngejelasin ke mereka basic ideanya. Setelah semua udah ngerti basic ideanya, baru deh start fabricating.. FYI, yang kepake dari OEM REnya itu cuma mainframe, electrical, sama mesin doang yah..sisanya bikiiiin..hehe. Intinya RE ini harus gw jadiin se-narrow mungkin biar bisa ngexpose mesinnya.

Mulai dari tangki, tangki gw buat ngga sepanjang dan seotentik motor boardtracker yang ada, gw coba bikin proporsinya lebih slim dan lebih pendek biar tetep nyaman pas dipake. Frame cuma gw sisain bagian main framenya aja, ke belakangnya gw bikin rigid. Rigidnya ini nih yang bikin greget.. karena gw gakmau ni motor keliatan terlalu kekar, gw mikirin gimana caranya gw pake pipa kecil buat rigidnya. Gw pake seamless 21mm buat rigidannya..hehe. fork depan gw replace pake girder fork model dari motor BSA m20, tapi gw adjust lagi ukurannya biar muat masuk ban 21-300. Pokonya part yang lainnya kebanyakan sih handmade deh..hehe.

  1. Karya-karya lu sendiri sangat beragam, lu lebih suka dikenal sebagai seorang designer, artist atau builder?

Both of them! Hahaha… gw pribadi sih pengennya dikenal sebagai conceptor, malah kalo boleh mah consultant deh..hihi. Jadi design consultant untuk motor custom sebenernya cita cita gw dari beberapa tahun belakangan ini, sampe2 kepikiran buat bikin design studio dirumah. Kenapa design consultant? Karena seorang konsultan itu bisa ngasih solusi ke klien dengan segala keterbatasannya. Dengan bekal pengalaman gw sebagai builder, gw bisa ngasih solusi di segmen eksekusi produksinya, dan sebagai desainer, gw bisa nerjemahin kebutuhan dan keinginannya, dan nggalupa.. motornya harus artsy juga..hehehe.

Jadi intinya itu gw sangat pengen bisa ngejembatanin antara bengkel dan customer. Ngga semua bengkel disini pake designer kan? Nah, gw sih pengennya jadi solusi buat hal sesepele itu. Seru kayanya sih..

 

  1. Khusus untuk motor, lu menganggap motor sekedar sebagai media alternatif lu dalam berkarya atau sebagai sesuatu yg lebih dari itu?

Untuk saat ini sih motor menurut gw udah jadi bagian idup gw juga (tsaaaaaahhh). Sampe sampe gw itu kadang susah banget kalo ngobrol ama orang yang kalo sedikitpun ngga ada bahasan motor motorannya. Jadi, selain emang motor sebagai media gw berkarya, motor juga sangat banyak mempengaruhi hidup gw.

  1. Sebutkan top 3 artist/designer dan builder favorit lu.

Yang pertama adalah temen2 gw dari Thrive, keduanya Kedux, yang terakhirnya itu mas Deddy Rocket Fantasy Garage. Ketiganya jadi favorit gw karena selain emang prestasinya, mereka juga gapernah bikin motor yang jelek..selalu bagus.

7. Dengan latar belakang design yang lu punya, menurut lu itu memberi lu kelebihan/kemudahan dalam proses ngebangun sebuah motor atau tidak? Kalo iya, kelebihan/kemudahan yg seperti apa?

Yang paling kerasa sih ya dari teknik sketchnya sih, karena dari basic gw sebagai seorang designer gw jadi bisa nentuin sketch/designnya proporsional. Oiya, satu lagi sih..penentuan konsep berdasarkan 5W1H (What,Why,Who, Where,When, dan How). Biarpun nggapernah gw deskripsiin secara skematik, faktor 5W1H ini sangat mempengaruhi gw dalam ngebikin suatu bentuk dan eksekusi design yang gw bikin. Inilah yang mungkin bisa dibilang mempermudah gw dalam berproses di custom scene.

  1. Gimana pendapat lu tentang jargon “form follow function”?

Tentunya harus ada dooong, tapiiii.. porsinya beda beda banget kalo di dunia custom. Well, pernah denger istilah “beauty is pain” kan? Yah sebelas-dua belas lah kalo gw twist istilah diatas jadi “ Form Follows Fun”..hehe. Kalo gw berprinsip Form Follow Function banget mah gw jadi designer ATPM ajah.. dan untungnya udah pernah biarpun cuma sebentar..haha.

  1. Sebagai orang yang berasal dari Bandung, dimana sudah sejak dulu influence ragam budaya otomotif sangat besar, apa pendapat lu dengan perkembangan kondisi the so called kastem kalcer saat ini? Bagaimana pengaruh pesatnya perkembangan teknologi terhadap pertumbuhan scene?

Kastem kalcer saat ini sangat lebih apresiatif! Lo mau bikin chopper pake mesin bebek kek, bikin bebek pake mesin 2 silinder kek, semuanya sangat diapresiasi sama orang. Masing masing ide sangat dihargai, dan malah bisa jadi trendsetter, liat aja tuh si Bonchel Nyamnyam, dari karya karyanya dengan ditambah hashtag #smallengineterror..menggelegarrr..!!!

  1. Bagaimana harapan lu terhadap perkembangan budaya dan scene kastem Indonesia?

Indonesia udah diakui dunia deh kalo soal kastemnya. Harapan gw sih simple, mudah mudahan industri dan scene ini tetep berjalan, dan malahan semakin pesat. Biar orang orang bisa semakin kreatif dan exploratif dalam ngacak ngacak motor, tapi jangan asal yaaaah..ehehe..

 

Wawancara oleh Wra Bakti.

 


Tech Sheet:

Spec:
1. Brand          : Royal Enfield
2. Tipe             : Bullet 500
3. Tahun         : 2016
4. Frame         : OEM Main frame, rigid rear-end
5. Body (fender, tangki dll) :

– Chrome steel gastank (hand-hammered)

– Steel sidebox (hand-hammered)

– Steel fairing (hand-hammered)

– Aftermarket 21 fender (rear)

  1. Front end : Girder fork (BSA model)
    7. Roda depan/belakang (ukuran, ban) :

Front 21×185 rims braced on custom spoolhub with 21×300 tire by Swallow

Rear 21×185 rims braced on custom disassemble CB650 racing wheelhub with 21×300 tire by Swallow

  1. Cat : Chrome and solid black, gold pinstripe on gastank and rims
    9. Aksesoris(lampu, setang, grip, dll) :

– Biltwell handgrip

            – VW carb filter (2 barrel carb)

            – Handmade leather seat, hand stitched

­­­­               – Vintage foglight (front)

               – Vintage add-on stoplight

 

Sekepalaspal.com. 2016. All rights are reserved.

PILIH JAM PEMUTARAN

Kamu hanya bisa memilih satu dari enam kali pemutaran yang tersedia.

 

 

DAPATKAN TIKETNYA DENGAN MENGISI FORM DI ATAS

Kami mempunyai 60 tiket nonton film gratis yang bisa kamu menangkan. Kami alokasikan tiket-tiket tersebut sebanyak 10 tiket di tiap jam pemutaran. Kapasitas mini theater kami adalah sebanyak 78 kursi per pemutaran. Silakan daftar di bawah ini, dan pilih jam pemutaran film yang kamu inginkan. Para pemenang akan diacak dan hanya para pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan email konfirmasi dari kami. Untuk yang belum beruntung, kamu bisa membeli tiket di outlet penjualan tiket seharga Rp 25.000.

OUTLET :

Lawless Jakarta, Jl. Kemang Selatan 8 No.67K

 

7 AGUSTUS 2016 - JOGLO
JERUK PURUT COMPOUND

Sebuah film semi dokumenter tentang budaya custom roda dua dan perjalanan yang tak terlupakan. 1000 Kilometer mengisahkan tentang 3 teman baik yang terinspirasi oleh Sekepal Aspal photography book dan memutuskan untuk melibas jalanan Jawa sampai Bali untuk menemui secara langsung beberapa tokoh yang terdapat di dalam buku itu. Film ini menggabungkan komprehensi sejarah budaya custom roda dua lokal dan modernisasinya, dengan keseruan petualangan khas Indonesia dan latar alamnya yang indah.

Dibintangi oleh: Syafwin Ramadhan Bajumi, Yusuf Abdul Jamil, Raihan Ahmad Ramdhani
Sutradara: Ilham Nuriadi
Penulis: Sammy Bramantyo
Produser: Adita K Bramantyo
Eksekutif Produser: Roni Pramaditia, Rizky Rosianto, Rahmat Wirabakti, Sammy Bramantyo
Produksi: Sekepal Aspal

Alamat Kantor

SEKEPAL ASPAL
JL. KEMANG SELATAN 8 NO.63 B3
JAKARTA SELATAN 12730

 

Business Hour
Mon - Fri : 09.00AM - 17.00
Sat - Sun : 09.00 - 15.00

 

Media

Kirim Pesan