SEKEPAL ASPAL TALK | ISSUE 13 | WITH FAHMI FREEFLOW

Posted on 13 March 2017
by Sekepal Aspal

Fahmi Freeflow alias Misfit Painter dikenal sebagai salah satu pioneer seni pinstripe di Indonesia. Kali ia kami jadikan tamu kami di Sekepaal Aspal Talk #13. Berikut adalah potongan obrolan kami dengan kang Fahmi :

@sekepalaspal : Okay, lanhsung pertanyaan pertama kang, sudah berapa lama serius terjun di dunia kustom paint dan pinstripe?

@freeflow.66 : Sejak tahun 2003 masbro, berarti sudah 14 tahun yess.

@sekepalaspal : waah manteeb…kalo anak mah udah ABG ya maang…hehehe. Nah, bisa certia sedikit suka dukanya selama menggeluti seni pinstripe sampai sekarang?

@freeflow.66 : Yaaah betul, menginjak umur pancaroba hah…alhamdulillah kebanyakan sukanya, karenayang saya kerjakan ini sangat saya senangi dan udah dianggap kalo inilah hidup saya. Jadi baik buruknya saya nikmati aja. Tapi kalo mau tau dukanya sih salah satunya mungkin mengatasi konsumen yang belum paham dengan proses kali yaah hehe…

@sekepalaspal : haha…naah itu ya, padahal berkarya butuh proses ya. Pertanyaan berikutnya mang, dulu pas awal-awal mulai ngulik pinstripe apa aja kendalanya? Apakah dari segi tehnik maupun dari segi alat-alat.

@freeflow.66 : Awal-awal yang jadi kendala adalah cari referensi, dulu internet ga segampang sekarang. Saya mempelajari pinstripe awal-awal lewat majalah-majalah motor luar negeri. Setelah itu kemudian alat/kuas-kuasnya.

@sekepalaspal : kalo sekarang untuk alat-alat seperti kuas gitu sudah mulai gampang didapat ya. Untuk perkembangan seni pinstripe sendiri di Indonesia, menurut kang Fahmi, apakah sudah berkembang seperti seharusnya? Apakah pinstripe dan kustom paint artist sudah mendapatkan penghargaan sebagaimana mestinya? Tidak dianggap sekedar “tukang cat” yang bekerja di belakang layar.

@freeflow.66 : Dessss…dalem pertanyaanya..haha…alhamdulillah kalo perkembangannya sekitar dalam 4 tahun ke belakang sudah dalam jalur yang benar, dan di jenjang waktu tersebut penghargaan terhadap orang berprofesi seperti saya sudah mulai berdiri pada tempatnya. Saya liat itu karena dukungan dan respect dari teman-teman semua. Terutama komunitas-komunitas kreatif yang dengan rutin mengadakan event-event yang ikut mengangkat para pinstriper atau kustom paint artist…salah satunya abang-abang dari Sekepal Aspal ini….salute n respect!

@freeflow.66 : Saya juga salut buat temen-temen yang masih muda yang udah mulai serius mendalami bidang ini. Dan hasil karyanya sudah berkualitas. Kondisi ini bikin saya optimis kalo kedepannya scene Kustom Kulture di Indonesia bakalan lebih berkembang.

@sekepalaspal : Waaah, justru kami-kami hanya ingin teman-teman yang berkecimpung di dunia Kustom lokal bisa mendapatkan exposure dan penghargaan yang semestinya dari teman-teman penikmat budaya kustom sendiri. Karena orang-orang seperti kang Fahmi kami bisa ada.

@sekepalaspal : Lanjuut pertanyaan berikutnya kang. Sebagai artist, karya-karya siapa saja yang sering menjadi inspirasi kang Fahmi dalam berkarya, baik dalam atau luar negeri?

@freeflow.66 : Arist-artist dari Jepang adalah yang dari dulu selalu menginspirasi saya, seperti Hiro “Wildman”, Makoto dan Mr.G. Sekarang-sekarang saya sedang terinspirasi artist gilding dan lettering dari Inggris yaitu David Smith.

@sekepalaspal : Siyaaaaapp, pertanyaan terakhir nih dari kita. Sebelumnya hatur nuhuuun pisaaan untuk waktunya, semoga sehat terus dan bisa terus menginspirisa teman-teman pelaku kustom kulturre lokal. Naaaah pertanyaan terakhir, Kalo di Bandung, ada tempat lotek favorit/langganan ga? Dimana?

@freeflow.66 : Ini pertanyaan paling penting…harus hati-hati jawabnya…salad lokal kulture ini…hmmm…lotek “Ibu Weti” dari daerah Jatayu yang paling manteb juara seumur hidup. Kebetulan beliau adalah ibu saya..hahaha…Kalo mau lotek tinggal pesan langsung dibikin, gratis lagi…hahahah

@freeflow.66 : Terima kasih doanya..juga semoga kegiatan-kegiatan juga event-event yang sedang dan akan diadakan oleh Sekepal Aspal diberi kelancaran.

@sekepalaspal : waaaah manteeebb, ga ada yang ngalahin masakan ibu…sekali lagi nuhuuun mang untuk supportnya selama ini, sampai jumpa April nanti.

Untuk liat versi lengkap obrolan kami dengan kang Fahmi, silahkan meluncur ke official IG kami @sekepalaspal.

Sekepalaspal.com. 2016. All rights are reserved.

PILIH JAM PEMUTARAN

Kamu hanya bisa memilih satu dari enam kali pemutaran yang tersedia.

 

 

DAPATKAN TIKETNYA DENGAN MENGISI FORM DI ATAS

Kami mempunyai 60 tiket nonton film gratis yang bisa kamu menangkan. Kami alokasikan tiket-tiket tersebut sebanyak 10 tiket di tiap jam pemutaran. Kapasitas mini theater kami adalah sebanyak 78 kursi per pemutaran. Silakan daftar di bawah ini, dan pilih jam pemutaran film yang kamu inginkan. Para pemenang akan diacak dan hanya para pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan email konfirmasi dari kami. Untuk yang belum beruntung, kamu bisa membeli tiket di outlet penjualan tiket seharga Rp 25.000.

OUTLET :

Lawless Jakarta, Jl. Kemang Selatan 8 No.67K

 

7 AGUSTUS 2016 - JOGLO
JERUK PURUT COMPOUND

Sebuah film semi dokumenter tentang budaya custom roda dua dan perjalanan yang tak terlupakan. 1000 Kilometer mengisahkan tentang 3 teman baik yang terinspirasi oleh Sekepal Aspal photography book dan memutuskan untuk melibas jalanan Jawa sampai Bali untuk menemui secara langsung beberapa tokoh yang terdapat di dalam buku itu. Film ini menggabungkan komprehensi sejarah budaya custom roda dua lokal dan modernisasinya, dengan keseruan petualangan khas Indonesia dan latar alamnya yang indah.

Dibintangi oleh: Syafwin Ramadhan Bajumi, Yusuf Abdul Jamil, Raihan Ahmad Ramdhani
Sutradara: Ilham Nuriadi
Penulis: Sammy Bramantyo
Produser: Adita K Bramantyo
Eksekutif Produser: Roni Pramaditia, Rizky Rosianto, Rahmat Wirabakti, Sammy Bramantyo
Produksi: Sekepal Aspal

Alamat Kantor

SEKEPAL ASPAL
JL. KEMANG SELATAN 8 NO.63 B3
JAKARTA SELATAN 12730

 

Business Hour
Mon - Fri : 09.00AM - 17.00
Sat - Sun : 09.00 - 15.00

 

Media

Kirim Pesan