Satu Hari Satu Malam di Sekepal Aspal 2013

Posted on 25 September 2013
by Sekepal Aspal

Berawal dari obrolan santai agak melantur yang akhirnya menjadi kenyataan. Gue dengan Mandra dan Wira dari Saint & Sinners Motorclothes (SSMC) sudah membicarakan soal mimpi kami untuk menyelenggarakan sebuah acara eksebisi seperti ini sejak lebih dari setahun yang lalu. Pada saat itu kebetulan geng kustom kulture nan keren dari California seperti Powerplant Choppers, Lowbrow Customs, dan Dice Magazine tidak lama sebelumnya mengadakan event yang serupa. Bahkan sebelum mereka mengadakannya, event seperti ini pun sudah menjadi satu paket yang sangat mengkomplimen satu sama lain antara permotoran dan karya seni.

1a

Akhirnya Lawless Jakarta (LJMC) dan SSMC bersatu dan memacu diri untuk menggelar eksebisi motor custom, karya seni, dan fotografi pertama kami yang diberi judul Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition. Berkat bantuan teman-teman kami dan para sponsor akhirnya terlaksanalah Potret Makakarya: Sekepal Aspal Indonesia 2013 Motoart Exhibition.

Acara ini tentunya sangat subjektif sekali mengikuti selera kurator pameran ini yaitu kami sendiri dengan berbagai referensi, selera, dan kegemaran kami akan motor custom serta karya seni dan fotografi selama ini. Motor-motor yang dipamerkan di acara ini adalah motor-motor custom (tidak dalam kondisi standar pabrik) dan kategori motor hobby (bukan tipikal motor yang akan lo lihat banyak seliweran di jalan) karya anak-anak negeri. Untuk Sekepal Aspal 2013 motor-motor yang hadir dipamerkan adalah dari sekitar Jakarta dan Bandung. Sedangkan karya-karya seni dan foto yang dipamerkan adalah dari Jakarta, Bandung, dan Bali. Semoga tahun depan kami bisa punya kesempatan untuk mengundang peserta-peserta dari daerah lain di Indonesia.

Potret Mahakarya: Sekepal Aspal Indonesia 2013 Motoart Exhibition digelar pada tanggal 24 Februari 2013 selama satu hari saja, dari pagi sampai malam. Keputusan ini kebetulan sesuai dengan venuenya yaitu Kopitiam Tan, SCBD, yang mana buka dari jam 8 pagi hingga jam 2 dini hari. Otomatis proses loading semua barang hanya bisa dilakukan mulai jam 2 dini hari sampai dengan jam 8 pagi. Selama 6 jam hari Minggu dini hari itu tim kami berkerja keras untuk setting keseluruhan venue, menyulapnya menjadi ruang eksebisi atau gallery dadakan dengan tetap mempertahankan sebagian kursi dan meja seperti layaknya sebuah kopitiam.

21

31

41

51

71

Sesuai undangan yang sudah disosialisasikan lewat invitation video yang sudah kami buat sebelumnya, riding bareng berkumpul di Lawless Kemang jam 10 pagi atau datang langsung ke venue jam 4 sore, tapi akhirnya rombongan baru jalan dari Kemang sekitar jam 1 siang. Baru jalan agak siang karena cukup lama menunggu teman-teman yang sempat kehujanan di jalan menuju Kemang dan mungkin teman-teman lain yang punya motor yang semula ingin ikut riding tapi semalamnya baru selesai party di ulang tahun Jakarta Techno Militia dan baru pulang jam 6 pagi. Riding singkat dari Lawless Kemang, melewati Ampera, Buncit, Mampang, Tendean, Senopati, kemudian masuk SCBD, finish di Kopitiam Tan just in time for lunch. Dokumentasi riding yang lebih banyak bisa dilihat di video report Sekepal Aspal 13.

81

91

Pas banget saat kami finish langsung parkiran diguyur hujan yang tidak pakai basa basi, langsung deras. Untungnya hujan yang marah itu hanya berlangsung selama sekitar 30 menit. Mendekati jam 4 dan setelahnya, area parkir depan Kopitiam Tan dan Beergarden mulai sesak oleh motor dan orang-orang yang ngobrol, foto-foto, atau sekedar berdiri-berdiri saja disana. Tradisi sebuah acara pameran plus kumpul-kumpul motor dimana pameran tidak hanya terjadi di dalam tetapi juga di area parkir.

101

111

121

131

141

Siang itu agenda acara di venue hanya makan, minum dan menikmati pameran. Dalam waktu itu sebenarnya bisa sangat dimanfaatkan untuk berkonsentrasi untuk mengikuti kontes foto Instagram dan Twitter kami yang berhadiah uang tunai dan G-Shock. Leonardo And His Impeccable Six mulai bersiap dan akhirnya bermain pada jam 6 sore. Band swing asal Jakarta ini menjadi band pertama yang bermain di Sekepal Aspal 13 ini. Beberapa lagu dari album masa depan mereka yang semoga akan keluar secepatnya dibawakan berikut beberapa lagu cover version termasuk lagu natal. Seru! Begitu snare drum dipukul dan terdengar suara terompet bergema, pengunjung yang masih berada di area parkir bergegas masuk… sebagian. Sebagian lagi masih bersikeras untuk tetap berada diluar. Mungkin kalau kena AC takut masuk angin.

151

161

171

181

191

Setelah Leonardo And His Impeccable Six giliran gitaris gila Adrian Adioetomo. Selain memang permainan gitar dan lagu-lagu delta bluesnya yang impresif, malam itu Adrian memutuskan untuk menghampiri pengunjung yang betah banget berada di parkiran luar membawa gitarnya. Dia sempat memainkan satu lagu di parkiran, cuma mendengar bocoran suara gitar dari PA di dalam venue, tanpa mic, tanpa rompinya (singlet doang), tapi menjadi sebuah aksi yang edan kerennya.

201

221

Selesai penampilan dari Adrian Adioetomo waktunya MC dari LJMC, Gofar, mengumumkan siapakah pemenang predikat ‘Motor Terkeren Di Parkiran’ dan juga 2 pemenang kontes foto Instagram dan Twitter kami. Pemenang grand prize berupa uang tunai Rp.500.000,- dan juga sebuah jam tangan G-Shock jatuh kepada akun Instagram bernama @aristj yang sudah memposting beberapa foto tentang event #SekepalAspal13 dan bagus-bagus. Sedangkan pemenang kedua yang berhak mendapatkan hadiah berupa 1 buah jam tangan G-Shock adalah akun Instagram bernama @arifkaseptea yang juga telah memposting foto-foto yang berhasil menarik perhatian tim panitia. Kemudian acara ditutup oleh penampilan dari band Non Stop yang membawakan lagu-lagu cover version classic rock hits seperti lagu-lagu dari Firehouse, Stone Temple Pilots, The Rolling Stones, dan lain-lain. Berikut adalah foto para pemenang kontes foto Instagram dan Twitter #SekepalAspal13 bersama MC Gofar. Maaf fotonya agak blur, gue udah agak tipsy saat itu.

Hari makin larut dan para pengunjung sepertinya mulai teringat bahwa mereka besok harus kembali bekerja yang membuat mereka bergegas pulang. Potret Mahakarya: Sekepal Aspal Indonesia 2013 Motoart Exhibition adalah event pertama LJMC di tahun 2013. Terima kasih kepada para sponsor, tim Sekepal Aspal 2013 yang sudah bekerja keras, tidak tidur, tidak pulang, telat makan, pontang-panting demi kesuksesan acara ini, teman-teman dan keluarga yang sudah membantu, para peserta pameran, teman-teman dan saudara yang sudah datang meramaikan dan mendukung hari minggu lalu. You fukkin’ rule!

-Sammy Bramantyo-

Sekepalaspal.com. 2016. All rights are reserved.

PILIH JAM PEMUTARAN

Kamu hanya bisa memilih satu dari enam kali pemutaran yang tersedia.

 

 

DAPATKAN TIKETNYA DENGAN MENGISI FORM DI ATAS

Kami mempunyai 60 tiket nonton film gratis yang bisa kamu menangkan. Kami alokasikan tiket-tiket tersebut sebanyak 10 tiket di tiap jam pemutaran. Kapasitas mini theater kami adalah sebanyak 78 kursi per pemutaran. Silakan daftar di bawah ini, dan pilih jam pemutaran film yang kamu inginkan. Para pemenang akan diacak dan hanya para pemenang yang beruntung yang akan mendapatkan email konfirmasi dari kami. Untuk yang belum beruntung, kamu bisa membeli tiket di outlet penjualan tiket seharga Rp 25.000.

OUTLET :

Lawless Jakarta, Jl. Kemang Selatan 8 No.67K

 

7 AGUSTUS 2016 - JOGLO
JERUK PURUT COMPOUND

Sebuah film semi dokumenter tentang budaya custom roda dua dan perjalanan yang tak terlupakan. 1000 Kilometer mengisahkan tentang 3 teman baik yang terinspirasi oleh Sekepal Aspal photography book dan memutuskan untuk melibas jalanan Jawa sampai Bali untuk menemui secara langsung beberapa tokoh yang terdapat di dalam buku itu. Film ini menggabungkan komprehensi sejarah budaya custom roda dua lokal dan modernisasinya, dengan keseruan petualangan khas Indonesia dan latar alamnya yang indah.

Dibintangi oleh: Syafwin Ramadhan Bajumi, Yusuf Abdul Jamil, Raihan Ahmad Ramdhani
Sutradara: Ilham Nuriadi
Penulis: Sammy Bramantyo
Produser: Adita K Bramantyo
Eksekutif Produser: Roni Pramaditia, Rizky Rosianto, Rahmat Wirabakti, Sammy Bramantyo
Produksi: Sekepal Aspal

Alamat Kantor

SEKEPAL ASPAL
JL. KEMANG SELATAN 8 NO.63 B3
JAKARTA SELATAN 12730

 

Business Hour
Mon - Fri : 09.00AM - 17.00
Sat - Sun : 09.00 - 15.00

 

Media

Kirim Pesan